Pohon Terbesar di Dunia

Pohon terbesar di dunia, The Biggest Tree in The WorldPohon terbesar di Dunia -. Bagi kita penduduk Indonesia pasti sudah biasa dengan yang namanya pohon, batang tanaman yang berdiri tegak lurus keatas. Mulai dari pohon toge sampai pohon jati semuanya ada di Indonesia. Tapi ya begitulah, kebanyakan pohon yang kita lihat besarnya ya gitu-gitu aja, paling banter ya 4 kali lingkaran orang dewasa.

Tapi berbeda dengan pohon yang ada dibawah ini, dimeter lingkaranya bisa ratusan meter loh (haha lebay). Ya enggak segitu amat sih, tapi emang gede banget ini pohon, dan sayang itu kagak ada di Indonesia (hiks..), terlalu banyak yang ditebang sih....

1. General Sherman
Pohon ini ada di Amerika, tepatnya ke Giant Forest, Taman Nasional Sequoia, Amerika Serikat. Disana hidup salah satu fenomena alam pohon yang sangat besar. Nama pohon ini diambil dari nama seorang pimpinan Perang Saudara Amerika, Jenderal William Tecumseh Sherman. Pohon ini pernah dinobatkan sebagai pohon terbesar di dunia pada tahun 1931. Umur Pohon ini diperkirakan sekitar 22 Abad lebih, dan memiliki Volume kayu 1487 m³.

Tinggi (dihitung dari tanah) pohon ini adalah 83,8 meter. Sementara keliling batang di tanah adalah 31,1 meter. Perhatikan foto dibawah untuk membandingkan besarnya pohon raksasa tersebut dengan manusia dewasa :
Pohon terbesar di dunia, The Biggest Tree in The World
Pohon rasksasa ini menurut para ilmuan masih akan terus berkembang dan kemungkinan masih bisa melebih besarnya yang saat ini dan hebatnya lagi presiden pohon ini mampu menahan salju, dan memiliki kulit tebal yang mampu menahan kebakaran dan sambaran petir. Berikut penampakan pohon General Sherman dari atas
Pohon terbesar di dunia, The Biggest Tree in The World


2. Baobab
Pohon ini ada di benua Afrika dan dinobatkan sebagai  pohon terbesar di dunia. Baobab disebut juga Tree of Life (pohon Kehidupan) karena pohon ini berumur panjang, mencapai 800 tahun. bahkan pohon Boabab dalam foto dibawah diperkirakan berumur 15 abad.

Baobab dapat menyimpan 300 liter air sekaligus selama musim hujan yang sangat jarang terjadi di Afrika, pohon ini dikeramatkan di daerah asalnya karena mengingatkan penduduk tentang nenek moyangnya. Pohon ini juga terkenal karena salah satu Formasi Baobab di Madagaskar yang paling terkenal terpublikasi secara massal setelah menjadi kandidat The new 7 Wonder Nature.
Pohon terbesar di dunia, The Biggest Tree in The World

Daun dari pohon yang dikenal sebagai Asem Buto ini dapat dipergunakan untuk bahan lalap atau sayur, dengan kandungan mineral yang sangat tinggi. Kulitnya juga dapat digunakan untuk berbagai keperluan masyarakat, seperti bahan membuat tali, dan pakaian. Selain itu berbagai kandungan zat dalam pohon itu juga dipergunakan sebagai ramuan dalam pengobatan tradisional.


Semoga membantu...!

Coba lihat artikel lainnya :


Tags : Jenis Pohon terbesar didunia, Tanaman terbesar didunia, The Biggest Tree in The World


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...