Cara Mengatasi Rambut Rontok dan Kebotakan (alami dan modern)

Cara mengatasi rambut rontok dan kebotakanRambut rontok adalah masalah yang cukup banyak dialami oleh kebanyakan orang. Tidak peduli laki-laki atau perempuan semuanya dihajar sama yang namanya rambut rontok ataupun kebotakan. Dan masalah ini sungguhlah membuat stress tujuh keliling bagi penderitanya (termasuk temen saya hihi..), Bagi mereka rambut adalah mahkota dan aset terbesar yang membuat penampilan menjadi sempurna

Rambut rontok bisa disebabkan karena berbagai macam hal, bisa karena faktor keturunan maupun faktor yang lain misalnya gaya hidup yang tidak sehat seperti, pola makan yang tidak diatur, merokok, stress, sinar Matahari berlebih, bahan kimia di produk rambut, polusi, diet ketat dan gigi berlubang. 

Loh kok gigi berlubang ?

Jangan anggap remeh gigi berlubang, apalagi jika sudah mencapai tahap infeksi. Tubuh akan memproduksi lebih banyak sel darah putih untuk melawan infeksi, dan sel darah putih itu akan terdistribusikan ke folikel rambut, yang akan membuatnya berhenti memproduksi rambut sama sekali. Jika dibiarkan, tak jarang pasien infeksi gigi mengalami kebotakan di satu area kecil di kepala. Lokasi kerontokan biasanya dekat dengan posisi gigi yang terkena infeksi. Pada pria, terkadang infeksi gigi juga berpengaruh pada kerontokan alis atau janggut.

Proses terjadinya rambut rontok sendiri terjadi karena pengerasan kolagen pada pangkal rambut, di bawah kulit kepala kita. Akibatnya, pengerasan kolagen akan menutup pangkal rambut, menyulitkan penyerapan nutrisi, menyebabkan penyatuan antara pangkal rambut dan kulit kepala menjadi lemah, dan serat kapiler menjadi lebih tipis. Bila tidak dirawat, rambut akan rontok lebih cepat, sehingga menimbulkan penipisan dan ini merupakan tanda pertama kita akan mengalami kebotakan.
Cara mengatasi rambut rontok dan kebotakan

#Nah untuk mengatasi kerontokan rambut, kita bisa melakukan terapi berikut : (cara modern)

1. Cara mengatasi rambut rontok ringan.
Cukup dengan menjaga pola makan agar rambut memperoleh asupan gizi yang baik. Selain itu, kita perlu merawat rambut dan menggunakan hair tonic secara rutin sehabis mencuci rambut.

2. Cara mengatasi rambut rontok parah/berat.
Ada beberapa tahap untuk mengatasi rambut rontok yang tergolong parah : 

1. Diagnosa. Tahap awal adalah dengan mendiagnosa rambut, dengan cara ini akan terlihat jelas permasalahan-permasalahan rambut mulai dari rambut kering, berminyak, berketombe, atau rusak karena pewarnaan. Baru setelah itu diberikan sampo yang disesuaikan dengan jenis rambut dan kulit kepala.

2. Nutritif Masque. Setelah rambut dibersihkan, rambut diberi masker nutritif. Masker ini terdiri dari dua macam. Yaitu masker ginseng untuk rambut rontok dan masker bunga matahari untuk rambut kering atau rusak dan rapuh akibat proses kimiawi seperti pewarnaan, rebonding dan pengeritingan. Masker diberikan secara merata mulai dari ujung bawah hingga ujung atas rambut. Pemberian masker dimulai dari ujung bawah rambut hingga atas rambut. Setelah itu, dilakukan massage pada kulit kepala. Untuk rambut rontok, massage yang dilakukan tidak terlalu banyak.

3. Back Massage. Oleskan massage oil yang dihangatkan di tungku dan mengandung aroma relaksasi pada punggung. Massage punggung selama kurang lebih 15 menit untuk meregangkan otot-otot yang letih, sambil menunggu proses penyerapan vitamin dari masker nitritif ke dalam batang rambut.

4. Terapi Ozon. Alat terapi ozon terdiri dari cape rambut yang ditempelkan selang panjang dan terhubung dengan tabung yang berisi oksigen. Tabung ini mengubah oksigen menjadi ozon dan disalurkan ke dalam cape rambut melalui selang. Tetapi ozon berfungsi mencegah efek buruk dari radikal bebas dan polusi udara serta mengembalikan elastisitas rambut. Terapi ini dilakukan selama kurang lebih 10 menit.

5. Bilas rambut. Setelah menggunakan masker nutritif dan terapi ozon, rambut dibilas dengan air dingin agar nutrisi dan vitamin yang ada di kulit kepala dan batang rambut dapat terserap.

rambut indah mempesona6. Hair tonic. Setelah dibilas, rambut diberi hair tonic. Hair tonic itu mesti sesuai dengan jenis rambut. Hair tonic ginseng untuk rambut rontok, hair tonic tea tree oil untuk rambut berketombe, dan hair growth serum untuk rambut yang mengalami kerontokan sangat parah.

7. Hair Frequency Machine. Setelah hair tonic, gunakan mesin high frequency untuk memaksimalkan penyerapan pada kulit kepala, menghilangkan kuman di rambut, meningkatkan aktivitas kelenjar pada rambut, melancarkan peredaran darah, dan meningkatkan metabolisme pada kulit kepala. Alat ini seperti sisir kaca yang dialiri sinar infra merah.

Cara diatas adalah cara mengatasi rambut rontok secara modern. Bagi anda yang malas melakukan cara diatas, anda juga bisa melakukannya dengan cara dibawah ini.

#Cara mengatasi rambut rontok secara alami :

1. Minyak Kelapa. Kandungan antioksidan  mampu melembutkan rambut yang kering dan kutikula yang rusak sehingga rambut menjadi bersinar. Caranya, hangatkan tiga sendok makan minyak kelapa dan sikatkan rambut dengan lembut, mulai dari akar hingga ujung rambut. Kemudian bungkus rambut dengan menggunakan handuk panas selama 30 menit. Lalu keramas dengan sampo dan bilas rambut dengan air bersih.

2. Telur. Telur digunakan sebagai conditioner rambut. Kandungan proteinnya yang tinggi mambantu  menambah kilau rambut. Tetapi bau amis telur terkadang membuat banyak orang yang enggan untuk menggunakannya. Ada cara untuk menghilangkan bau amis pada telur, yaitu dengan menggunakan tetesan perasan jeruk lemon ke dalam telur yang sudah dikocok. Kemudian dioleskan ke rambut sebagai masker.

3. Cuka apel.  Kandungan  alpha-hidroxy acids mampu  membantu membersihkan residu dari polusi dan kotoran. Sehingga rambut menjadi lembut dan bersinar. Campur setengah cangkir cuka apel dengan seperempat cangkir air. Gunakanlah campuran tersebut untuk membilas rambut pada saat keramas. 

4. Bawang Merah.  Khasiat  untuk mencegah rambut rontok. Caranya , cukup dengan makan bawang merah tersebut. Atau makan bawang merah yang sudah  jadi acar. Ini membantu agar rambut tidak cepat rontok. Terkadang kita tidak kuat makan bawang merah karena baunya, hal ini bisa dihindari dengan  mengolesi kulit kepala dengan perasan bawang merah pada malam harinya. Kemudian pada pagi hari, bilas rambut dengan menggunakan sampo.

5. Kemiri.  Kemiri dapat memperbaiki dan memperkuat rambut. Kandungan minyak di dalam kemiri, sangat baik bagi akar rambut. Caranya, kemiri ditumbuk kasar, lalu disangrai. Setelah itu, tumbuk hingga halus sampai keluar minyak. Gunakan minyak kemiri untuk creambath, lakukan sebelum keramas, lalu bilas dengan air bersih baru gunakan sampo untuk keramas.

rambut indah mempesona6. Alpukat. Untuk rambut kering. Karena alpukat kaya akan asam lemak dan nutrisi. Caranya, hancurkan alpukat di dalam mangkuk, dan aduk sampai menjadi pasta kental. Kemudian, usapkan pada rambut mulai dari akar hingga ujung rambut. Lalu biarkan selama 20 menit. Setelah itu, bersihkan rambut dengan menggunakan sampo, kemudian bilas.

7. Teh. Teh hijau (green tea) mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk melindungi rambut dari paparan polusi. Teh melati bermanfaat untuk meningkatkan kilau rambut. Teh rasa mint bermanfaat untuk menyejukkan kulit kepala serta  menghilangkan lemak dan ketombe serta mengurangi rasa gatal di kulit kepala. Caranya cukup dengan menyeduh teh dengan menggunakan air panas, lalu endapkan selama semalaman. Air teh yang sudah basi tersebut, digosok-gosokkan ke kulit kepala. Lakukan sesaat sebelum keramas.

Sumber : http://forum.viva.co.id/kesehatan/564473-penyebab-kerontokan-rambut-dan-cara-mengatasinya.html


Semoga membantu..!

Coba lihat artikel yang lain :
Cara mengatasi tidur mendengkur atau ngorok
Cara Alami Memutihkan Gigi
Cara Mengatasi Rambut Berketombe
Tips Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami
Cara Mengobati Penyakit Panu
Cara Mengetes Buta Warna Pada Seseorang

Cara meninggikan badan dengan petunjuk gambar

tags : cara Mengatasi Rambut Rontok dan Kering Secara Alami, Cara Mencegah Rambut Rontok, cara alami mengatasi rambut rontok, mengatasi rambut botak, cara mengatasi rambut rontok secara tradisional,cara mengatasi kebotakan rambut, cara mengatasi kebotakan secara alami, tips cara mengatasi kebotakan


Artikel Terkait:

4 komentar:

  1. banyak makan sayur dan buah.. mudah2an membantu mengurangi rambut rontok

    industri iklan indonesia blm maju gan, jadi agan mending fokus ngeblog dan mengarap konten blog agan

    siapa tahu kelak punya bargaining kuat di mata pengiklan

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh kemarin saya yang nanya agan soal iklan sitti ya? thanks gan atas infonya. iya aku coba terusin gan sapa tw nanti bener2 dapet advertiser yang lebih bagus..

      Hapus
  2. gigiku berlubang, tapi alahamdulilahnya rambutku aman saja. tambah lebat lagi atas baawah.. heheh

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...