Cara Mengatasi Baterai Android Yang Boros

baterai android, baterai android yang cepat habis
Android adalah salah satu jenis perangkat yang memiliki sistem operasi yang canggih dan memiliki banyak fitur hebat didalamnya. Namun banyak orang yang mengeluhkan baterai tablet android sangat boros dan tidak efisien penggunaanya. Ketika kita mengoperasikan perangkat ini untuk melakukan aktivitas multitasking atau aktivitas lainnya dalam waktu bersamaan pastilah baterai akan habis lebih cepat Padahal seperti yang kita ketahui.

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi baterai android yang cepat habis. Diantaranya adalah mematikan fitur yang tidak digunakan maupun pemakaian baterai saver agar kemampuan baterai menjadi lebih lama. Tapi permasalahanya adalah apakah cara tersebut efektif ?Nah menanggapi persoalan inilah saya akan mencoba share cara menghemat baterai tablet android berdasarkan pengalaman saya

Tips cara menghemat baterai tablet android

1. Automatic Updates
Inilah masalah utama menurut saya yang paling banyak menguras kinerja android kita. Karena tanpa kita sadari jika fitur ini diaktifkan maka download otomatis pun akan terjadi dan berakibat baterai akan  terus bekerja hingga menyebabkan baterai cepat habis.Jadi menurut saya, kita matikan saja fitur ini dan mengaktifkan ketika kita merasa perlu ada fitur atau aplikasi lainnya yang perlu di update

2. Layar
Kebanyakan diantara para pengguna android akan lebih menyukai tampilan layar atau tingkat kecerahan yang sangat tinggi jika dibandingkan dengan kondisi safe mode. Padahal dengan situasi seperti itu akan cepat menghabiskan baterai. Solusinya adalah pilihla tampilan layar yang soft atau safe mode.

3. GPS
Memanfaatkan GPS bila diperlukan saja, karena GPS akan menyedot baterai yang amat besar jika digunakan.

4. WiFi
Jangan selalu terus-terusan menghidupkan WiFi, karena Wifi akan lebih cepat menguras baterai ketimbang fasilitas Internet dari GSM anda. Apalagi jika tidak ada sinyal wifi tapi kita menghidupkan layanan ini maka otomatis baterai android akan cepat habis karena dia akan bekerja keras mencari sinyal wifi tersebut.

5. Layanan Mobile

Selain dapat menguras baterai, penggunaan mobile network juga akan membuat pulsa kita cepat tipis. Langkah pentingnya dalah segera hentikan layanan mobile disaat kita sedang tidak menggunakannya seperti saat tidur, mandi dan bekerja.

6. Screen Timeout & Brightness
Lakukan perubahan pada tampilan waktu layar di tablet android anda, gunakan yang paling minimum saja agar saat layar tak tersentuh akan cepat meredup dan mengakibatkan baterai jadi lebih hemat.

7. Wallpaper
Jangan gunakan wallpaper berjalan atau live wallpaper maupun wallpaper yang sangat futuristik seperti yang ada pada Samsung galaxy Note 10.1.

8. Bluetooth
Sebagai media transfer data, Bluetooth juga terkenal sangat cepat dalam menghabiskan daya baterai. Oleh karena itu meminimalisir pengguaan bluetooth adalah hal yang sangat penting dilakukan.

9. Usahakan gunakan aplikasi-aplikasi yang mempunyai background gelap
Seperti aplikasi chat dengan trillian, browsing dengan UC browser (night mode), Facebook dengan tweetdeck, SMS dengan hancentsms (dengan theme gelap), dan lain sebagainya.


10. Matikan getar dan kecilkan suara dering
Getar dan suara dering yang keras memerlukan daya baterai yang besar. Atau gunakan aplikasi Auto Switcher Profile untuk mengotomatiskan pengguna profil sesuai kebutuhan.


Selamat Mencoba..!

Coba tips yang lain :
Cara Cepat Belajar Mengetik Dengan 10 Jari
Tips Merawat LCD Laptop Agar Awet
Cara Mengetahui Password di Google Chrome
Cara Mengetahui Siapa Yang Menggunakan Jaringan WIFI kita
Cara Memperbaiki Program microsoft word yang tiba - tiba tidak mau dibuka
Cara Memperbaiki USB atau Flesdishk Yang Error
Mengatasi Layar Berkedip Pada Komputer


tag: Mengatasi Boros Baterai Android, Cara Menghemat Battery Android, 
Tips Mengatasi Baterai Android Yang Cepat Habis, 
Supaya Baterai Android tidak Boros,  penyebab baterai boros dan kiat mengatasinya


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...